Ulasan Piala Asia U-23 : Mampukah Timnas Menghadirkan Kejutan

Administrator - Jumat, 12 April 2024 01:43 WIB
Ulasan Piala Asia U-23 : Mampukah Timnas Menghadirkan Kejutan
Timnas U-23
SEJAK pertama kali digelar pada 2013, Indonesia mencatat sejarah lolos untuk pertama kali dalam putaran final Piala Asia U-23 2024. Melalui event bergengsi ini, Indonesia berpeluang merebut satu tiket tampil dalam cabang sepakbola Olimpiade Paris 2024. Namun Timnas harus bisa meloloskan diri ke babak ketiga danminimal menempati posisi ketiga.
Sebab, hanya tiga tim yang berhak merebut jatah lolos ke olimpiade dari Piala Asia yakni juara, runner-up dan juara ketiga.
Jika melihat reputasi tim yang jadi rival di Grup A, rasanya misi lolos ke Olimpiade Paris, adalah "mission impossible '. Tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania adalah negara dengan tradisi sepakbola matang, di kelompok senior sebab adalah tim langganan Piala Dunia.
Di Piala Asia U-23, Qatar adalah tuan rumah yang sudah tampil di ajang ini lima kali, lalu Australia dan Yordania sudah mentas enam kali.
Australia, Qatar, dan Yordania pernah menempati posisi juara ketiga. Qatar meraih pencapaian itu pada 2018, Yordania pada 2013, dan Australia pada 2020.
Indonesia sebagai tim debutan, langsung membidik target tinggi, lolos ke Olimpiade.
Rasanya target ini, terlalu tinggi, tetapi keajaiban bisa saja terjadi.
Apalagi, kini Timnas diperkuat sejumlah pemain abroad yang berkarir di luar negeri, maupun pemain naturalisasi.
Dalam ujicoba terakhir sebelum ke Piala Asia, Indonesia mencatatkan kemenangan dengan menaklukkan UEA 1-0.
Melihat tantangan yang begitu berat, menimbulkan rasa penasaran mampukah Timnas U-23 membuat kejutan.
Tidak seluruh pemain naturalisasi bisa turun memperkuat Timnas U-23, karena sebagian sudah masuk kategori senior dan ada yang tidak mendapatkan ijin dari klub tempatnya bergabung.
Dari 23 pemain yang masuk skuad Timnas U-23, lima adalah pemain abroad. Selain Hubner, ada juga Ivar Jenner, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, dan Rafael Struick.
Indonesia akan memulai kiprahnya di Piala Asia U-23 dengan menghadapi Qatar (15 April), lalu Australia (18 April), dan Yordania (21 April).
Sungguh penasaran untuk melihat kualitas permainan punggawa Timnas U-23, sekaligus melihat kemampuan pelatih asal Korea Shin tae Yong dalam menghadirkan strategi permainan mumpuni. Mampukah Timnas U-23 menghadirkan kejutan?
Jika Indonesia mampu mencapai target, ini berarti Indonesia telah berkembang menjadi kekuatan baru sepakbola, khususnya di Asia.

Skuad Timnas U-23

Kiper

1- Muhammad Adi Satryo
21-Ernando Ari
22-Daffa Fasya

Bek

2-Ilham Rio Fahmi
3-Muhammad Ferarri
4-Komang Teguh Trisnanda
5-Rizky Ridho Ramadhani
10-Justin Hubner
12-Pratama Arhan
13-Kakang Rudianto
17-Dony Tri Pamungkas
23-Dzaky Asraf

Gelandang

6-Ivar Jenner
7-Marselino Ferdinan
15-Ikhsan Nul Zikrak
16-Arkhan Fikri
18-Muhammad Rayhan Hannan

Penyerang

8-Witan Sulaeman
9-Ramadhan Sananta
11-Rafael Struick
14-Muhammad Fajar Fathur
19-Jeam Kelly Sroyer
20-Hokky Caraka

(Fay)

SHARE:
Editor
: Administrator
Tags
Berita Terkait
Komentar